Jumat, 22 Januari 2010

32 Logo Mobil dan Artinya.

Anda memiliki mobil tapi biasanya ada yang anda lupakan ketika memilikinya, yaitu apa makna yang terkandung di dalam logonya. Logo merupakan hal yang penting karena merupakan visualisasi dari filosofi perusahaan, nah dibawah ini ada 32 Logo mobil beserta penjelasannya:

Abarth
Logo Abarth merupakan zodiac dari pendiriAbarth, Carlo Abarth, sebuah kalajengking. Pabriknya didirikan di Turin, Itali dengan 35 pegawai

Alfa Romeo
Salib dan ular naga bermahkota melambangkan perjuangan prajurit Milan yang mempertahankan kotanya saat terjadi perang salib.

AUDI
Logo empat cincin bergandengan pada mobil ini mulai digunakan pada tahun 1965. Logo ini mencerminkan kompaknya 4 perusahaan otomotif yang bergabung pada 1932 di jerman yaitu Audi, DKW, Horch dan Wanderer. Audi dalam bahasa latin berarti 'Dengarkan!'.

BMW
Logo mobil ini cantik dan bergaya, desain lingkaran hitam mengelilingi gambar baling-baling pesawat yang berputar. Warna biru berarti langit. Pabrikan mobil yang punya nama Bayerische Motoren Werke ini dulunya merupakan perusahaan yang memproduksi pesawat militer.

Buick
Emblem Buick terdiri dari 3 perisai, masing-masing membagi dua secara diagonal di sebelah kanan oleh suatu garis lurus, perisai-perisai mengatur menyentuh satu sama lain di suatu pola diagonal kanan, di dalam suatu lingkaran. Jika diwakili oleh warna, Perisai paling kiri adalah merah, Ditengah putih, dan paling kanan berwarna biru, walau putih kadang-kadang direpresentasikan dengan abu-abu putih. Desain ini dikenal sebagai Trishield, digunakan di tahun 1959 untuk model tahun 1960 dan mewakili; menunjukkan ke tiga model-model tahun tersebut—LeSabre, Invicta, dan Electra. Perisai-perisai itu diadopsi dari perisai dari jambul keluarga Buick, yang di dalam wujud yang dimodifikasi telah digunakan di Buicks sejak 1930-an.

Cadillac
Simbol Cadillac agak rumit, symbol ini diambil dari lambing Antoine La Mothe Cadillac. Sama seperti sejarah dari Antoine la Mothe Cadillac sebagai pelopor, demikian juga mobil Cadillac menandakan usaha kepeloporan nyata di dalam dunia motor.

Chevrolet
Chevrolet menggunakan logo dasi kupu-kupu pertama kali tahun 1913. Dikatakan kalau itu di desain dari pelapis dinding yang Durant lihat di Paris. Penelitian sejarah lebih lanjut oleh Ken Kaufmann menunjukkan bahwa logo tersebut berasal dari logo "Coalettes” dan menurut Mrs. Durant, emblem dasi kupu-kupu pertamakali dilihat oleh suaminya di ilustrasi Koran Virginia, ketika mereka liburan di Hot Springs, Virginia sekitar 1912. Mrs. Durant berkata, “Kami di dalam kamar membaca koran, dan dia melihat desain ini dan berkata, ‘Aku piker ini akan menjadi emblem yang bagus untuk Chevrolet’ ”

Chrysler
Pentastar diciptakan tahun 1962 ketika Chrysler Corporation President Lynn Townsend memutuskan perusahaan memerlukan symbol baru untuk mewakili semua merk perusahaan. Townsend ingin symbol yang kuat, kelihatan klasik yang langsung dapat dikenali, tapi juga universal—Tanpa kata-kata tertulis—yang memungkinkan digunakan di seluruh Negara dan seluruh etnis.

CITROEN
Banyak yang mengira logo kumis bertingkat pada mobil ini memiliki makna filosofis. Andre Citroen, sang pendiri mengatakan, "enggak ada artinya tuh! hanya gambar mata gigi," Citroen mulanya memang memulai usaha sebagai pembuat roda gigi.

Dodge
The Dodge ram logo first appeared as a hood ornament in the 1930s, used on both trucks and cars. The Ram was chosen for the image it portrays: sure-footed and king of the trail

Ferrari
Simbol yang digunakan Ferrari aslinya adalah simbol ace angkatan udara Italia di Perang Dunia 1, Count Francesco Baracca, yang menggambar di samping pesawatnya untuk nasib baik. Kuda menggambarkan skuadron dimana dia berada - the Calvary regiment. Ibu Count Baracca’s, Countess Paolina, meyakinkan Enzo Ferrari untuk menggunakan simbol 1923 di mobil balapnya agar membawa keberuntungan. Kuning mewakili tempat lahir Ferrari, Modena.

Ford
Logo pada mobil ini digunakan sejak 1903, berasal dari desain kartu nama yang dibuat oleh Harold Wills, tangan kanan Henry Ford. Pada 1912, ditambahkan beberapa oval yang mengelilingi nama Ford. Warna biru mulai ditorehkan pada emblem saat peluncuran perdana Ford.

Holden
Logo Holden, singa dan batu, seperti diketahui, memiliki peranan vital dalam membentuk identitas Holden. Logo ini merujuk pada dongeng prasejarah, dimana seekor singa menggelindingkan batu yang memunculkan penemuan akan roda.

Hyundai
Elipsi diluar melambangkan perusahaan itu sendiri yang global, dan menyesuaikan mode dan symbol H merosot melambangkan 2 orang (perusahaan dan pembeli) berjabat tangan.

Jaguar
Dipercaya symbol Jaguar melompat melambangkan kekuatan, kecepatan, dan ketangkasan dari mobilnya

Lada
Lada logo adalah gambar perahu Viking dan secara luas digunakan oleh AvtoVaz(nama asli Lada). Mobil ini buatan Soviet, karena itu ketika jaman perang dingin masih ada jangan naik mobil ini ke Amerika, ada beberapa kasus ketika pompa bensin di Amerika tidak mau melayani pemilik mobil Lada karena sentiment anti Soviet

Lamborghini
logo adalah tanda zodiac pendirinya- Taurus. Ferruccio Lamborghini menyukai gambar banteng petarung di logo-nya dan Lamborghini models mendapat namanya dari banteng terkenal. Lamborghini sekarang adalah subsidiary dari Audi, sedangkan Audi sendiri adalah subsidiary dari Volkswagen

Lotus
Tulisan diatas logo adalah inisial pendiri Lotus, Anthony Colin Bruce Chapman. Tidak diketahui kenapa Chapman memilih Lotus untuk nama perusahaannya. Hijau adalah The famous British Racing Green, dikenakan oleh motor balap inggris, dan latar belakang kuning adalah hari yang cerah yang Chapman harapkan untuk perusahaannya. Sekarang Lotus berada dibawah kepemilikan PROTON Malaysia.

Masserati
Seperti kasus Alfa Romeo, Logo Maserati menandakan tanda kota. The trident adalah symbol tradisional untuk kota Bologna, dimana mobil Maserati dibuat sebelum mereka pindah ke Modena.

Mazda
sayap burung camar yang terbuka lebar sebagai simbol kreatifitas, kepekaan terhadap sebuah misi dan fleksibilitas.

Mercedes benz
Logo bintang bermata tiga pada mobil ini melambangkan dominasi dari tanah, air dan udara. Pemunculan pertama kali pada 1909 yang kemudian diberi efek pantulan pada 1926 sebagai refleksi gabungan 2 firma. Perkembangannya sampai sekarang, lingkaran menyelubungi bintang.Lanjutkan?

Mitsubishi
Tiga berlian yang menjadi logo mobil Mitsubishi merupakan persamaan dari baling-baling kapal laut. Pasalnya, pada 1870, perusahaan ini bergerak di industri kapal laut. Baru pada 1917 Mitsubishi membuat mobil.

Perodua
Logo yang baru tetap memakai P dan 2, dan memakai warna lama, dan dibuat lebih stylis agar kelihatan lebih cair dan dinamis—merepresentasikan kualitas baik dan kehandalan. Warna hijau menyimbolkan tanggung jawab social terhadap lingkungan dan komunitas, Sementara warna merah menyimbolkan pengembangan dari pekerja yang kompeten dalam menemui tantangan-tantangan di dalam globalisasi.

Peugeot
Gambar singa terpilih menjadi logo Peugeot. Logo ini berasal dari lambang kota Belfort, Prancis. Kota yang bersebelahan dengan Jerman dan Swiss ini punya arti penting karena salah satu produk awal mobil Peugeot diberi nama Lion-Peugeot.

Porsche
Logo mobil karya Ferdinand Porsche ini mengambil lambang benteng pertahanan Stuttgart dan pasukan kerajaan Wurtenberg yang didominasi oleh garis-garis berwarna hitam dan oranye.

Renault
Berlian terpilih sebagai logo Renault. Awalnya khusus di bonet sebagai penutup klakson. Tahun 1922 bagian tengah berliannya dilubangi agar suara klakson bisa terdengar lebih nyaring.2 tahun kemudian bentuknya berubah agak membulat hingga sekarang.

Rolls Royce
The Rolls Royce logo terdiri dari 2 huruf R yang merupakan kepanjangan dari Rolls and Royce

Toyota
Logo baru TOYOTA terdiri atas 3 elips yang berbentuk huruf T. Menunjukkan komitmen pada masa depan. Satu dari tiga elips mewakili pelanggan, Satu elips yang lain menunjukan komitmen pada kepuasan pelanggan lewat produk-produk, Elips ketiga menggambarkan kemungkinan yang terbentang tanpa batas bagi teknologi dan inovasi.

Volvo
Berasal dari kata latin "VOLVERE" yg berarti "roll" atau menggelinding, berputar. Dalam bentuk kata kerja tunggal orang pertama kata "volvere" berubah menjadi "VOLVO". Sesuai dg kegiatan SKF yg memproduksi barang berputar . Pada waktu yg sama ketika VOLVO diaktifkan kembali, simbol "besi" pada jaman kuno dipakai sebagai simbol. Lingkaran dg panah menunjuk keatas pada sisi kanan adalah ideogram yg umum digunakan di negeri barat sebagai simbol planet Mars di jaman Romawi, sekaligus sebagai dewa perang mereka. Simbol besi mobil berarti mempresentasikan tradisi terhormat Swedia di bidang industry besi serta sebagai simbol kekuatan dg tidak meninggalkan keamanan (safety).

Saab
Kepala Griffen berasal dari lambang Count von Skane, yang digunakan sebagai simbol dari provinsi Skane, Swedia. Dimana Saab didirikan

Subaru
Asal kata Subaru adalah mutsutaboshi yang artinya enam bintang berkelompok. Sama dengan rasi Taurus yang dikenal dengan nama Pleiades. Lima bintang juga menandakan 5 perusahaan yang membentuk Subaru

Vauxhall
Emblem Grifin yang masih digunakan, berasal dari lambang Faulke de Breauté, prajurit sewaan yang dihibahkan Manor of Luton untuk mengabdi dengan King John di abad ketigabelas. Melalui pernikahan, dia juga mendapatkan hak atas area dekat London, selatan Thames. Rumah yang dia bangun, Fulk's Hall, yang dikenal waktu itu sebagai Vauxhall. Vauxhall Iron Works mengadaptasi emblem ini untuk memberi kaitan dengan area lokal. Ketika Vauxhall Iron Works pindah ke Luton tahun 1905, Emblem Griffin secara kebetulan kembali ke nenek moyangnya.

Volkswagen
Logo Volkswagen sangat sederhana. Logonya terdiri dari huruf V dan W: “Volks” berarti rakyat dan “Wagen” berarti kendaraan. VW sendiri merupakan salah satu proyek Adolf Hitler.
Prev: Indosat Fansberry
Next: Captcha Paling Unik

Tidak ada komentar: