Minggu, 24 Januari 2010

Freedom Fighter (game)



Freedom Fighter ialah sebuah game yang bertemakan perjuangan. Yang diperjuangkan ialah Amerika yang dijajah Uni Soviet.....

Dalam game ini diceritakan Uni Soviet yang berpaham komunis secara tiba-tiba menyerang Amerika Serikat, karena tidak ada kesiapan dari Amerika Serikat, sebagian kota di Amerika telah dikuasai oleh Uni Soviet.

Kota-kota banyak yang hancur, seperti perang pada biasanya, penuh kehancuran, kematian, dan kesengsaraan.

Anda berperan sebagai Christopher Stone, seorang tukang pipa di Brooklyn ( New York ) yang terkejut karena serangan mendadak tersebut, langsung saja dia kabur dan bertemu dengan tetangganya. Tetangganya mengajaknya ke suatu tempat berlindung. Di tempat tersebut sudah berkumpul banyak pejuang-pejuang Amerika yang akan berjuang membelah tanah air mereka...

Perjuanganpun dimulai, anda akan masuk kedalam misi demi misi dan menurunkan bendera Uni Soviet dan menaikkan bendera Amerika Serikat pada gedung-gedung penting yang sudah dikuasai oleh Uni Soviet.

Misi yang sama, mengganti bendera Soviet dengan Amerika Serikat.
Misi ? misi dalam Freedom Fighter memang cukup banyak, semua misi tersebut bertujuan sama, yaitu mengganti bendera Uni Soviet pada gedung-gedung tertentu dengan bendera Amerika Serikat. Selain misi mengganti bendera tersebut, juga ada misi-misi opsional seperti menghancurkan jembatan, menghancurkan helipad, dsb. Namun untuk mengganti bendera Soviet tersebut tidaklah semudah menaikkan bendera saat kita melakukan upacara bendera, tetapi harus melalui perjuangan dan pertempuran yang sengit yang mengancam nyawa. Strategi dan taktik serta kerjasama dengan rekan anda sangat diperlukan, karena tentara Soviet cukup banyak jika dibandingkan dengan anda yang paling-paling cuman bertiga. Creator game ini ialah orang yang sama dengan creator Hitman, dan seperti yang sudah kita ketahui, menyelesaikan misi pada Hitman bisa dilakukan dengan banyak cara dan taktis yang bagus, begitu juga dengan game ini. Seperti pada suatu level dimana anda harus menurunkan bendera di gedung yang dijaga kurang lebih 50 tentara Soviet, anda harus menyelinap masuk pelan-pelan sambil merunduk lewat pintu belakang agar tidak ketahuan.

Lewat saluran air dibawah tanah...
Markas anda ialah sebuah tempat / daratan ditengah-tengah genangan air di saluran air di bawah tanah, dari situlah anda akan pergi ke berbagai lokasi untuk mengembalikan kemerdekaan Amerika. Ada beberapa NPC yang bisa kita ajak bicara seperti wanita pemimpin perjuangan, dll.

Setelah memilih lokasi misi, kita dapat memilih teman yang akan kita ajak bertempur, lalu langsung masuk ke medan pertempuran.

Controlling yang mudah
Controlling pada Freedom Fighter cukup mudah, menggunakan kombinasi W-A-S-D, serta beberapa tombol lainnya seperti loncat, merunduk, action, dsb. Tombol F1-F8 digunakan untuk memilih senjata, sayangnya tidak seperti Max Payne, kalau kita mau melempar granat, kita tidak bisa membawa pistol, karena semua senjata ialah primary weapon, jadi cukup merepotkan, ditambah dengan akurasi senjatanya yang cukup payah. Anehnya lagi granat setelah dilempar harus menunggu sebentar untuk meledak... jadi musuhnya keburu lari....

Grafik tajam dan indah.
Kualitas grafik pada Freedom Fighter boleh dibilang sangat bagus, teksturnya variatif dan tajam. Kendetilannya juga patut diancungi jempol. Gerakan karakternya juga natural dan hidup, karena itulah game ini menuntut penggunaan VGA yang mensupport Hardware TnL ( Geforce 2 keatas ). Lightingnya juga sangat bagus. Efek ? efek ledakan granat, reruntuhan jembatan, ledakan mobil, serta api molotovnya enak untuk dilihat. Saya hanya menyayangkan airnya yang jelek.

Suara yang mendebarkan
Suara dan musik game ini juga mendukung serunya peperangan, suara tembakan dan teriakan yang menghiasi peperangan begitu terasa, EAX dan 3D Positional juga sudah dioptimalkan. Musiknya yang khas mampu membakar semangat perjuangan....

Kesimpulan
Freedom Fighter ialah game action yang cukup unik karena bertemakan perjuangan. Perjuangan untuk mencapai kemerdekaan ialah sesuatu yang berat dan memerlukan kerjasama dan taktik. Dalam game ini kedua aspek tersebut sangat berpengaruh terhadap keberhasilan misi. Grafiknya sangat tajam dan hidup, diiringi dengan desingan tembakan dan musik yang sangat cocok, game ini layak mengisi koleksi game-game anda.


Game Information and Score

Publisher : EA Games
Developer : IO Interactive
Genre : Action
Platform : PC
Number of disc : 1 CD

System Requirement :
CPU 733 mhz, RAM 128mb, VGA 32mb Hardware TnL, Disk space 650 mb
Author : white_tiger
Posted : 13th November 2003

Overall Score : 80
Graphic : 9
Sound : 8
Gameplay : 8
Value : 8
Reviewer : 7

Author's Comment
Nyaris semua misinya sama... Dibuat oleh creator Hitman, jadi banyak cara untuk menyelesaikan misi


Boxshot :


Screenshot :

Tidak ada komentar: