Jumat, 22 Januari 2010

Mobil pejabat Soviet dilelang

Mobil pejabat Soviet dilelang
Mobil limosin Breznev

Mobil langka bernilai jutaan dolar dilelang di Moskow termasuk mobil limosin Nissan yang khusus diproduksi untuk Leonid Brezhnev.

Mobil lainnya yang juga ditawarkan adalah kendaraan limosin Zil buatan Rusia yang digunakan oleh Mikhail Gorbachev dan Boris Yeltsin.

Penyelenggara lelang menggambarkan limosin Zil sebagai karya terbaik mobil bersenjata, chasisnya dirancang sedemikan rupa sehingga mobil itu tidak mungkin terbalik akibat ledakan.

Satu limosin Nissan khusus diproduksi untuk Leonid Brezhnev, pemimpin Partai Komunis dari tahun 1960 hingga tahun 1980-an, memiliki peran khusus dalam sejarah Soviet.

Pemilik mobil itu sekarang, yang bukan perokok, mengatakan dia masih bisa mencium bau tembakau dari rokok Brezhnev di dulu duduk di jok belakang mobil itu.

Mobil buatan Barat diperkirakan akan lebih laris dari mobil Soviet

"Mobil ini dalam keadaan sangat baik," kata pemiliknya Boris Lakhmetkin. "Saya bahkan bisa mencium aroma tembakau Brezhnev. Saya tidak merokok, jadi saya peka sekali."

Harga beberapa mobil Bentley yang dijual sekitar 600.000 dolar AS. Beberapa pakar mengatakan mobil-mobil itu mungkin akan lebih laku dari beberapa model buatan Soviet yang eksotis.

Lord Poltimore adalah pimpinan rumah lelang Sotheby's di Rusia, yang menjual mobil-mobil itu.

"Seni - dari sejarahnya, adalah hal yang menarik. Saat ini adalah waktu yang tepat dan di pasar yang tepat juga. Di Moskow banyak orang yang makmur dan menurut saya penjualan ini akan sukses."

"Ada lebih dari 50 barang yang dilelang - minuman anggur dan whiski langkah, dan juga mobil. Kekayaan yang berasal dari harga minyak dan gas yang tinggi, membuat banyak warga Moskow mencari barang-barang mewah," kata Lord Poltimore.

Tidak ada komentar: