Minggu, 17 Januari 2010

PARADE HARI KEMENANGAN TENTARA MERAH PADA PERANG DUNIA KE 2

Sekitar 8.000 anggota militer dan kurang lebih 143 unit tempur turut ambil bagian dalam parade militer menyambut Hari Kemenangan Tentara Merah terhadap nazi Jerman pada Perang Dunia ke 2. Dalam kesempatan itu juga ikut unjuk kekuatan sekitar 32 pesawat tempur beserta unit pertahanan udara yang lain dan perayaan kali ini di pusatkan di Lapangan Merah Kota Moskow, persiapan ini semua telah dilaksanakan selama 10 minggu serta lamanya upacara defile sendiri berlangsung selama 1 jam.

Keseluruhan peserta defile mengenakan seragam militer baru, kecuali ada beberapa diantara mereka yg mengenakan seragam militer pada saat pecahnya perang dunia ke dua pada tahun 1945. Beberapa peserta upacara mengenakan seragam lama yang mana melambangkan negara bagian mana yang mereka wakili, ada sekitar 45 negara bagian turut serta dalam acara ini yang mana mereka telah turut menyumbangkan putra terbaik mereka pada saat perang dunia ke 2 di tahun 1945.

Hadir pula pada acara tersebut tersebut Menteri Pertahanan Russia Anatoly Serdjukjov. Turut serta dalam parade itu tampilan beberapa lambang-lambang kesatuan tempur. Secara tradisi parade militer ini diselenggarakan pada tanggal 9 Mei, dan dimeriahkan oleh paduan suara serta simfoni milik Angkatan Bersenjata Russia serta turut juga orkestra yang dipersiapkan oleh Garnisun Kota Moskow, dimana ini adalah kali pertama keikutan sertaan mereka dalam parade ini.

Dalam parade militer itu juga melintas kendaraan tempur Angkatan Darat Russia seperti Tank T-90, Kendaraan Taktis Militer atau Angkut Pasukan Infantry BMP-3 Serta kendaraan Pendarat Pasukan BMP-4, juga melintas Kekuatan Arteleri Darat terbaru”Octopus”, kendaraan tempur “Tornado”, sistem pertahanan roket anti anti udara dini yaitu Roket S-300PS (Dengan nama Sandi Favorite), sistem pertahanan roket anti udara dini ini disebut Torah dab Bechs, juga dipertunjukan 4 kendaraan serba guna ,”Poplar”, yang mana kendaraan ini dapat dipergunakan baik untuk kendaraan militer ataupun kendaraan untuk tujuan sipil.

Parade militer ini terakhir dilaksanakan di kota Moskow yang mana juga bertempat di Lapangan Merah pada 7 November 1990. Pada tahun 1995 saat perayaan mengenang 50 tahun Hari Kemenangan Tentara Merah atas nazi Jerman juga diselenggarakan parade militer yang turut menyertakan defile kekuatan angkatan bersenjata Russia dan bertempat di Pegunungan Poklonnoj dekat Kota Moskow. Sejak Tahun 1996 Parade perayaan kemenangan Tentara Merah tetap dilaksanakan hanya tanpa adanya defile kendaraan militer milik angkatan bersenjata Russia.

Tidak ada komentar: