Selasa, 26 Januari 2010

Pasukan PBB Rebut Seoul dari Korut


http://dunia.vivanews.com/news/read/92080-pasukan_pbb_rebut_seoul_dari_korut
Pasukan gabungan PBB berhasil kuasai Seoul setelah tiga bulan dikuasai Korut
VIVAnews - Pada 25 September 1950, pasukan gabungan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) berhasil merebut ibu kota Korea Selatan (Korsel), Seoul setelah dikuasai Korea Utara (Korut) selama tiga bulan.

Laman stasiun televisi BBC mengungkapkan bahwa keberhasilan ini diraih tentara Infantri ke-7 Amerika Serikat (AS) dan Resimen ke-17 Korsel setelah menyeberangi sungai Han dan menguasai markas Korut di Gunung Selatan. Angkatan Laut AS juga berhasil mencapai istana Duk Soo di pusat Seoul dan terus mendekati stasiun kereta utama.

Meski korban di antara prajurit AS dan Korsel terus berjatuhan, namun Korut dikabarkan hanya memberi perlawanan ringan. Pesawat Angkatan Udara AS mendukung serangan darat dan terus menembaki pusat pertahanan Korut dengan rudal dan bom petrol.

"Serangan menyeluruh ini merupakan kunci kesuksesan PBB. Koordinasi serangan udara, tank, artileri, dan infantri membuat markas musuh cepat direbut dengan korban minimal," kata Mayor Jenderal Edward Almond, komandan Korps Angkatan Darat X, seperti dikutip laman stasiun televisi BBC.

Almond menambahkan bahwa tentara gabungan PBB juga mengalami kesuksesan di Inchon setelah berhasil memotong jalur suplai Korut dan memaksa mereka mundur.

Pertahanan Korut berantakan dihancurkan tank-tank pasukan Kavaleri AS yang memasuki Korut dari arah barat. Kavaleri dan infantri dari timur bergabung dengan pasukan lainnya di Gunung Selatan.

Angkatan Darat Korut menguasai Seoul sejak 26 Juni, 24 jam setelah menyerang Korsel. PBB mengutuk invasi ini dan tentara AS tiba untuk mendukung perlawanan Korsel beberapa hari setelah serangan.
• VIVAnews

Tidak ada komentar: