Selasa, 26 Januari 2010

Rencana Soviet Invasi ke Inggris


Sebuah peta mengungkap rencana Soviet menggelar invasi ke Manchester. Peta yang dibuat 35 tahun lalu itu menunjukkan kota di Inggris sebagai target serangan sejumlah tank Soviet.

Uni Soviet mengindentifikasi kemungkinan tank T-72 Soviet menerobos Mancunian Way. Dalam peta itu juga, Soviet mewarnai target yang ditandai dengan kode di sekitar Manchester, termasuk lokasi nuklir dan penjara.

Chris Perkins, dosen geografi University of Manchester dan kurator ekshibisi tahunan Royal Geographical Society, mengungkap keberadaan peta tersebut. “Sungguh luar biasa keterangan rinci yang terdapat di dalam peta itu,” katanya.

“Peta itu menunjukkan sejumlah jalan yang dikenal oleh sebagian besar warga Mancunian yang diyakini oleh Soviet dapat diterobos dengan tank, termasuk Washway Road, The Mancunian Way, dan Princess Road. Beberapa nama jalan bahkan dialihkan ke dalam bahasa Rusia, seperti Urmston, Salford, dan Stretford.

Pembuat peta ini menggunakan kumpulan data dari peta Ordance Survey, satelit, atlas jalan, dan aksi spionase selama 1974. Para pembuat itu juga menambahkan informasi rahasia, seperti penjara Strangeways dan lokasi riset nuklir Risley Moss.

Perkins menambahkan, militer Soviet mengumpulkan data peta tersebut dengan merekamnya dari udara, di antaranya dengan menggunakan pesawat intai dan pencitraan satelit. Data yang direkam dari udara itu untuk melengkapi informasi peta survei UK Ordnance dan petunjuk jalur perdagangan serta atlas yang telah dipublikasikan.

Peta ini sempat mendapatkan proteksi keamanan tingkat tinggi selama Perang Dingin. Namun, peta ini mulai dipublikasikan setelah runtuhnya Uni Soviet.

“Setelah dinyatakan tidak masuk klasifikasi dokumen khusus oleh Rusia, peta tersebut beredar di pasar internasional,” kata Perkins. Peta ini diperagakan di konferensi tahunan Royal Geographical Society pekan ini dan selanjutnya disimpan di John Rylands Library hingga Januari tahun depan.

Sumber : Kompas.com

1 komentar:

Tommy Wahyu Utomo mengatakan...

mas saya mau tanya apakah benar Uni Soviet versi II akan bneran dibentuk yang anggotanya Rusia, Korut, China, Pakistan & Iran.

mohon dibalas di email saya yah mas keyenbuangetZz(at)gmail(dot)com