Minggu, 24 Januari 2010

Uni Soviet


Uni Soviet (dalam bahasa Rusia: (Сове́тский Сою́з; alihaksara: Sovyetsky Soyuz), yang juga disebut sebagai Uni Soviet Sosialis Republik Сою́з Сове́тских Социалисти́ческих Респу́блик (СССР); alihaksara: Soyuz Sovyet'skih Sotsialisticeskih Respublik (SSSR)), merupakan sebuah negara komunis di Eropa Timur dan Asia Utara yang pernah ada dari tahun 1917 sampai tahun 1991. Negara ini didirikan setelah Revolusi Oktober pada tanggal 7 November 1917 menurut penanggalan Kalender Gregorian. Nama negara ini adalah terjemahan dari {audio-ru|Союз Советских Социалистических Республик|Ru-CCCP.ogg}}, tr. Soyuz Sovetskikh Sotsialisticheskikh Respublik, disingkat menjadi СССР, SSSR. Nama pendeknya adalah Soviet Union,[1] dari Советский Союз, Sovetskiy Soyuz. Soviet sendiri dapat berarti sebuah dewan, badan atau majelis, atau berdasarkan teori adalah dasar pembentukan dari USSR.

Bermula dari Kerajaan Rusian yang diikuti oleh revolusi Rusia pada paruh waktu 1917 dan perang sipil Rusian pada tahun 1918 – 1921, USSR dulunya adalah serikat dari beberapa negara komunis timur. Batas-batas geografinya berubah-ubah dari waktu ke waktu, namun dari pendudukan terakhir, wilayahnya kira-kira sama dengan luas Kerajaan Rusia, diluar dari negara Polandia dan Finlandia.

Sebagai negara terbesar dan tertua yang berbasis komunis yang pernah ada, Uni Soviet menjadi model utama negara komunis pada jaman Perang Dingin; yang artinya pemerintahan dan partai politiknya dikuasai oleh partai Komunis.

Dari kurun waktu 1945 hingga runtuhnya pemerintahan ini di tahun 1991, atau yang lebih dikenal dengan masa-masa Perang Dingin, Uni Soviet dan Amerika Serikat adalah dua negara adigdaya yang menguasai ekonomi dunia, hubungan internasional, operasi militer, pertukaran budaya termasuk perlombaan penguasaan luar angkasa dan olah raga.

Pada awalnya mereka hanya terdiri atas empat negara Republik Sosialis Soviet, USSR berkembang menjadi 15 negara atau "uni republik" pada tahun 1956, yaitu: RSS Armenia, RSS Azerbaijan, RSS Byelorusia, RSS Estonia, RSS Georgia, RSS Kazakhstan, RSS Kirgizstan, RSS Latvia, RSS Lituania, RSS Moldavia, RSFS Rusia, RSS Tajikistan, RSS Turkmenistan, RSS Ukraina dan RSS Uzbekistan. (Dan dari pendudukan [RSS Estonia]] pada 6 Agustus, 1940 hingga re-organisasi dari RSS Karelo-Finnish menjadi ASSR Karelia pada tanggal 16 Juli, 1956, negara-negara anggotanya adalah enam belas.)

Federasi Rusia adalah pengganti dari USSR dan Rusia anggota pertama dari Persemakmuran Negara-negara Merdeka.

Setelah Uni Soviet dibubarkan lalu didirikan Persemakmuran Negara-Negara Merdeka (PNM) atau dikenal dengan CIS (Commonwealth of Independent States), di mana semua negara mantan anggota Uni Soviet ikut kecuali ketiga Negara Baltik; Estonia, Latvia dan Lithuania. Georgia pertama-tama tidak mau ikut menjadi anggota, tetapi beberapa lama kemudian akhirnya bersedia pula. Ibukota PNM adalah Minsk, ibukota Belarus.

Pada masanya, Uni Soviet memiliki tiga perwakilan di PBB yakni Uni Soviet, Ukraina dan Belarus.
Negara anggota Uni Soviet

1. Armenia
2. Azerbaijan
3. Belarus
4. Estonia
5. Georgia
6. Kazakhstan
7. Kyrgyzstan
8. Latvia
9. Lithuania
10. Moldavia
11. Rusia
12. Tajikistan
13. Turkmenistan
14. Ukraina
15. Uzbekistan
Bahasa resmi : Tidak ada, tetapi Bahasa Rusia merupakan bahasa resmi secara de facto
Ibukota :Moskwa
Wilayah
- Total
- % air
Pertama sebelum runtuh
22.402.200 km2

Penduduk
- Total
- Kepadatan Penduduk Ketiga sebelum runtuh
293.047.571 (Juli 1991)
13,08/km2 (Juli 1991)
Berdiri
- Proklamasi
- Diakui
1922
Dibubarkan :1991
Mata uang :Rubel
Zona waktu :UTC +3 hingga +11
Lagu kebangsaan :Internationale
(1922-1944)
Gimn Sovyet'skogo Soyuza
Гимн Советског

Tidak ada komentar: