Jumat, 22 Januari 2010

Venezuela Beli 100 Tank Rusia

Russian T-72

Rusia dan Venezuela diharapkan menandatangani kontrak pengiriman sedikitnya 100 MBT (Main Battle Tank) senilai 500 juta dolar ke negara di Amerika Latin tersebut, ungkap sebuah sumber di industri militer Rusia, Rabu (9/8).
Presiden Venezuela Hugo Chavez akan berkunjung ke Moskow, Rabu (9/8) untuk kunjungan dua hari sebagai bagian kunjungan selama 11 hari ke sejumlah negara. Presiden Chavez akan mengadakan pertemuan dengan pemimpin Rusia.

“Selama kunjungan, diharapkan ditandatangani kontrak pengiriman MBT T-72 dan T-90 ke Venezuela,” ucap sumber tersebut. Moskow dan Caracas dapat juga mendiskusikan pengiriman IFV (Infantry Fighting Vehicles) buatan Rusia di masa mendatang, tambah sumber.

Harga satu unit MBT T-90 yang diproduksi pabrik Uralvagonzavod 5 - 7 juta dolar, sementara harga satu unit MBT T-72 1 -2 juta dolar.

Uralvagonzavod memproduksi total 165 T-90 tahun lalu. Setengah tank diekspor, serta sisanya menggantikan T-72 Angkatan Bersenjata Rusia. Sehingga, Rusia mempunyai T-72 tersedia untuk dijual ke Venezuela.

Angkatan Darat Venezuela mempunyai lebih dari 80 MBT tua buatan Perancis AMX-30 serta beberapa lusin tank ringan AMX-13C.

Presiden Chavez mengatakan negaranya merencanakan membeli senjata dari Rusia untuk mengatasi peningkatan kehadiran militer Amerika Serikat di negara tetangga Kolombia.

Venezuela telah menandatangani 12 kontrak pembelian senjata senilai 4,4 milyar dolar dengan Rusia, terdiri dari pesawat tempur Sukhoi, helikopter angkut militer dan senjata serbu Kalashnikov.

Tidak ada komentar: