Senin, 22 Februari 2010

Anti-pesawat terbang roket kompleks 2K12 "Cube"


Pengembangan MANPADS "Cube" ditetapkan pada SK dari Komite Pusat CPSU dan USSR dari 18 Juli 1958 Camohodny anti pesawat terbang roket kompleks "Cube" (2K12) dirancang untuk melindungi Army, kebanyakan - divisi berlapis baja, dari serangan udara, berada di media dan altitudes rendah. Kompleks "Cube" adalah untuk memastikan kekalahan dari target udara berada di velocities dari 420-600 m / s di altitudes dari 100-200 m untuk 5-7 km di kisaran hingga 20 km, dengan probabilitas dari kekalahan tujuan setidaknya satu peluru 0,7.

Pengembang MANPADS "Cube" pada umumnya ditetapkan Research Institute of Instrumentasi, organisasi yang telah bekerja sama untuk menciptakan sendiri eksplorasi dan petunjuk instalasi (pemimpin desainer proses instalasi Rasto AA) dan semi kepala radar kepulangan missiles (Chief Designer kepala YU.N . tengara, sejak tahun 1960 - IG Akopian). Chief Designer dari kompleks diangkat dari kepala OKB-15 V. Tikhomirov, mandiri peluncur telah dibuat di bawah kepemimpinan Chief Designer A. Yaskina dari SKB-203 Sverdlov SNH, dilacak chassis untuk senjata kompleks dibangun di CB Mytishchi mesin-bangunan tanaman - (MMZ) moskow Oblast SNH, pemimpin perancang dari chassis NA Astro. Anti-pesawat terbang roket kompleks diinstruksikan untuk membuat pabrik nomor 134 KB GKAT, pengembangan roket yang kompleks "Cube" dimulai di bawah kepemimpinan Chief Designer II Tor opova.

Pertama set tes yang dimulai pada akhir 1959, mengungkapkan sejumlah kekurangan:

kurangnya drive Anda untuk GSN dan kinerja yang buruk dari hadiah;
desain udara buruk intakes;
miskin lapisan perut panas permukaan titanium casing dalam reburning di rezaltate digunakan sebagai pengganti baja titanium.
Diikuti ada yang disebut "orgvyvody. Pada bulan Agustus 1961, I. Toropova diganti Liapina AL, pada Januari 1962, terjadi tiga kali pemenang Hadiah V. Stalin Tikhomirov dimenangkan Yu.N. Figurovsky. Namun, pembubaran perintis pembangunan tidak mengarah ke salah satu percepatan kerja. Awal 1963, dari 83 meluncurkan dari missiles, hanya 11 yang dilengkapi dengan gos. Dengan demikian, berhasil menyelesaikan semua memulai 3.

Pada tahun 1964, peluncuran roket yang dilakukan di lebih kurang kinerja negara, tetapi tanah MANPADS belum dilengkapi dengan peralatan komunikasi yang saling menghubungkan lokasi. Pada pertengahan April 1964 berhasil dilakukan pertama peluncuran missiles, lengkap warhead. Berhasil menembak mati target - Il-28 yang berada pada ketinggian sedang. Meluncurkan yang umumnya lebih baik, dan ketepatan dalam missiles tujuan hanya penghargaan aktor tes. Sejak Januari 1965 g.po Juni 1966 di berbagai Donguzskom (Ketua poligon Finogenov MI) di bawah kepemimpinan komite, dipimpin oleh N. Karandeev mempunyai tes bersama kompleks.

Resolusi Central Committee of the CPSU dan USSR dari 23 Januari 1967 menetapkan diadopsi oleh pasukan pertahanan udara dari angkatan darat.

Komposisi

Komposisi MANPADS "Cube" terdiri dari meriam berikut:

Anti-pesawat terbang roket 3M9;
Camohodnaya instalasi eksplorasi dan penyelidikan 1S91;
Cukup peluncur 2P25.

Seperti Zour zur 3M9 kompleks "Circle", yang dilemparkan pada 3M9 dilakukan "sewaktu membungkuk." Namun, tidak seperti missiles ZM8 di Zur 3M9 juga digunakan untuk mengendalikan terletak di rudders stabilizers. Sebagai hasil dari program ini telah mengurangi ukuran sayap yang berputar, untuk mengurangi daya yang diperlukan dan mobil yang menggunakan air ringan, yang hidrolik actuator.

Roket yang telah dilengkapi dengan alat radar kepala setengah 1SB4, yang dirampas dengan tujuan untuk memulai, dia didampingi pada frekuensi Doppler sesuai dengan kecepatan konvergensi dengan tujuan yang dilemparkan dan untuk mengembangkan kontrol sinyal untuk induksi Zour pada tujuan. Gos ditempatkan di depan peluru, sedangkan diameter antena dekat dengan ukuran amidships Zour. Gos untuk membentuk warhead, kemudian - AutoPilot peralatan dan mesin.

Roket yang telah dilengkapi dengan gabungan tenaga. Ada satu kamar gas dengan biaya dari motor Maret (kedua) 9D16K panggung. Produk dari pembakaran gas yang di-charge setelah dari ruang pembakaran, di mana sisa-sisa bahan bakar yang dibakar dalam aliran udara masuk melalui jalan masuk 4. Perangkat input udara intakes, dihitung pada kondisi supersonik, dilengkapi dengan badan-badan pusat berbentuk kerucut. Pada peluncurannya, sampai diberikan, maka keluaran dari saluran dalam sel afterburning udara intakes telah ditutup fiberglass plugs.

Sel berada reburning solid mulai tingkat biaya - manusia biasa dengan skinned berakhir (panjang 1,7 m dan diameter 290 mm, dengan saluran silinder diameter 54 mm) dari bahan bakar ballistitnogo VIC-2 berat 172 kg. Karena gas-dinamis ketentuan solid pembakar motor dan memulai PVRD Maret di situs memerlukan geometri yang berbeda setelah corat-ruang pembakaran, pada kesimpulan yang dimulai dari tahap (durasi 3-6 detik) memberikan gambar bagian dalam mulut dengan aparat fiberglass kisi, starter pengendalian biaya.

Perongrongan terpecah-3N12 tinggi peletus warhead berat 57 kg (SRI formulasi-24) yang dihasilkan oleh tim avtodinnogo dua radiovzryvatelya terus radiasi 3E27 didirikan NII-571.

Panjang yang dilemparkan adalah tentang 5,8 m dengan diameter 330 mm. Untuk memastikan transpor missiles dikumpulkan dalam sebuah wadah yang digunakan 9YA266 lipat kiri dan kanan konsol stabilizers terhadap satu sama lain.

Camohodnaya instalasi eksplorasi dan penyelidikan 1S91

Dalam diri-eksplorasi dan petunjuk instalasi 1S91 itu terdiri dari dua stasiun radar - radar deteksi udara sasaran dan target 1C11 radar dan sasaran 1S31 pelacakan dan penerangan, serta sarana untuk keperluan identifikasi, navigasi, topoprivyazku, orientasi relatif, radiotelekodovuyu hubungan ke diri launchers TV dan sebuah bidik optik, yang otonom listrik (yang digunakan untuk generator turbin gas), pemulihan sistem, dan antena gorizontirovaniya.

Antena radar itu terletak dalam dua tingkatan - atas stasiun antena di bawah 1S31 - 1C11 - dan gratis untuk memutar pada azimut independen satu sama lainnya. Untuk mengurangi ketinggian Cukup pada Maret silinder dasar antena perangkat dipindahkan ke kendaraan yang dilacak, dan perangkat antena radar 1S31 unfolded bawah, terletak di belakang antena stasiun 1S11.

Stasiun 1S11 adalah koheren Pulsed radar sepanjang meninjau (review speed - 15 rpm) sentimeter rentang operasi independen dengan dua operator frekuensi waveguide terpisah dua saluran transmisi, radiators sudah terpasang di pesawat fokus satu antena mirrors. The discovery, identifikasi tujuan dan sasaran pelacakan stasiun dan penerangan diberikan bila tujuan di antara 3 hingga 70 km dan di altitudes 30-7000 m Pulsed radiasi dengan kekuatan 600 kW di masing-masing saluran, yang sensitif dengan pesanan emnikov-10E-13 W, lebar beams pada azimut sekitar 1 derajat dan total bidang melihat ke ketinggian sekitar 20 derajat. Untuk memastikan kebisingan imunitas dari stasiun 1S11 dibuat:

sistem pemilihan target bergerak (ACT) dan penindasan yang tidak di-sinkron-pulse gangguan
manual mendapatkan kontrol dari penerimaan saluran;
modulasi frekuensi dari pulse pengulangan;
frekuensi transmitters.
Stasiun 1S31 juga terdiri dari dua channel dengan emitters diinstal pada fokus pesawat satu reflektor antena parabolic - sasaran tujuan pelacakan dan penerangan. Menurut saluran stasiun target adalah 270 kW Pulsed kuasa, penerima sensitivitas sekitar 10E-13 W, sebuah balok lebar sekitar 1 deg. Berarti kesalahan (RMS) pelacakan target pada koordinat tajam adalah tentang 0,5 d.u., rentang - sekitar 10 m. Stasiun ini dapat diambil secara otomatis pada pesawat jenis "Phantom-2" dengan probabilitas dari 0,9 pada jarak 50 km. Perlindungan terhadap gangguan pasif dan reflections tanah dari sistem dilakukan dengan program ACT perubahan frekuensi povto-ing pulses aktif dari gangguan - metode monoimpulsnoy pelengatsii tujuan, yang menunjukkan gangguan dengan sistem dan restrukturisasi kerja frekuensi stasiun. Dalam hal stasiun 1S31 itu padam gangguan bisa menemani target tajam koordinat menggunakan TV optik mata, dan menerima informasi tentang berbagai dari radar 1C11. Di stasiun disediakan khusus untuk langkah-langkah yang berkesinambungan pelacakan rendah target. Pemancar cahaya yang tujuan (gos missiles dan eksposur referensi sinyal) dihasilkan terus fluktuasi dan memastikan keandalan pengoperasian GSN missiles.

Peralatan eksplorasi diri dan petunjuk instalasi ditempatkan pada chassis dari GM-568. Massa dari diri-petunjuk instalasi eksplorasi dan awak dari 4 laki-laki adalah 20,3 ton

Cukup peluncur 2P25

Pada diri 2P25 peluncur terletak pada chassis dari GM-578 menetapkan tiga lafety dengan missiles, dan untuk mengirim daya listrik pelacakan drive Countably perangkat komputasi, peralatan navigasi, topoprivyazki, telekodovoy komunikasi, kontrol pra-Zour, otonom turbin gas listrik. Sambungan listrik dari diri dengan roket peluncur dilakukan dengan dua konektor missiles, yang dipotong dengan menggunakan tongkat khusus di awal gerakan yang dilemparkan petunjuk beam. Pra-kepulangan missiles untuk memiliki lebih dulu rapat Zour dilakukan dalam rangka untuk menggerakkan lafeta, dan menghabiskan data dari eksplorasi diri dan instalasi petunjuk, yang datang pada diri launchers pada radiotelekodovoy baris. Transportasi di posisi Zour terletak memanjang yang maju dalam proses self-peluncur. Massa sendiri peluncur dengan tiga rockets dan awak dari 3 orang pada papan sebesar 19,5 t.

Tidak ada komentar: