Senin, 22 Februari 2010

Anti-pesawat terbang roket sistem 2K11 "Circle"


Resolusi Central Committee of the CPSU dan USSR pada 15 Februari 1958 "Pada pembuatan prototipe sistem anti peluru," Circle "telah mengidentifikasi karakteristik utama MANPADS, kerjasama kepala penyanyi pada dana dan menetapkan tanggal untuk pekerjaan, menentukan cara untuk bersama (negara) dalam tes triwulan III. 1961 pesawat roket yang dirancang untuk sistem intercept sasaran, terbang dengan kecepatan hingga 600 m / s di altitudes of 3000 m sampai 25 000 m, dengan jarak 45 km. Probabilitas dari kekalahan tujuan bombers jenis IL-28 di altitudes sampai 20 kilometer yang ZUR pada 0,8, kemungkinan dengan tujuan untuk mengarahkan kelebihan hingga empat unit. Tujuan efektif permukaan penghamburan (ESR), yang sesuai fighter, pada MiG -15 terdeteksi pada jarak 115 km.

Organisasi payung untuk pengembangan misil anti-pesawat terbang kompleks "Circle" (2K11) didirikan SRI-20, Komite Negara untuk Pertahanan Teknologi (GKOT), kepala desainer - VP Efremov. Stasiun roket panduan 1S32 kompleks "Circle" dikembangkan di Research Institute of chief desainer instan Drize. COP-40 roket (3M8) pryamotochnym dengan mesin ini adalah untuk menciptakan sebuah tim OKB-8 Sverdlovsk SNH, dipimpin oleh L. Lyulevym.

Rencana awal panggilan untuk pengiriman di telemetri dari missiles saya dalam tiga bulan. 1959, stasiun roket bimbingan - oleh Jun, dan deteksi stasiun - di triwulan III. tahun yang sama. Dalam kenyataannya, hanya 26 Nov, 1959 adalah yang pertama dari 10 broskovyh pengujian model dengan naturnymi booster rockets, yang pertama muncul dalam masalah - kibaran, pemusnahan dari missiles selama startovikov. Penerbangan praktek diberikan 4 peluncuran roket tanpa peralatan kontrol dimulai dari Juni sejak Agustus 1960, belum stabil dicapai pengoperasian mesin, meluncurkan program untuk meluncurkan roket, yang dilengkapi AutoPilot, namun tanpa peralatan radio. Hingga Juni tahun berikutnya yang sesuai dengan 32 ini start up. Dari jumlah tersebut, 16 peluru pertama yang dilengkapi dengan sederhana AutoPilot, bukan untuk memerintah pada roll dan turbopump sidang tanpa perangkat peraturan konsumsi bahan bakar. Dari 26 peluncuran dilakukan sebelum akhir 1960, enam rockets hancur dalam penerbangan, tujuh - tidak termasuk diberikan, dan hanya 12 bom relatif berhasil.

Mengingat banyaknya kegagalan dalam ujian yang missiles ZM8 untuk Negara Panitia untuk Aeronautical Engineering dari 25 Agustus 1961 telah dibuat khusus komisi ahli untuk mengembangkan langkah-langkah untuk meningkatkan roket. Sebagian besar kecelakaan yang berkaitan dengan ruang progarami, kegagalan dalam peralatan BEF onboard, cukup kuat dari beberapa elemen-elemen desain. Sebulan kemudian, pada rekomendasi dari komisi yang telah disepakati untuk mengubah desain memantapkan pembakaran, sehingga menghilangkan keharusan dari zona pemisahan arus panas dan meningkatkan daya tahan dari ruang diberikan.

Di sisi lain, merupakan hasil menjanjikan - sebuah analisis peluang stasiun roket bimbingan bimbingan ZUR dinamis dan menunjukkan kemungkinan yang dapat diterima akurasi radiokomandnoy hanya menggunakan sistem manajemen. Selain itu, pada keadaan tidak adanya pembatasan STF dihapus pada sudut dari serangan, yang dibangkitkan kemungkinan sebuah roket manevrennye.

Keputusan dari MIC dari 12 Jan, 1963 proposal telah disetujui oleh Ketua roket dan artileri Management (Grau), dan industri pada pelaksanaan tes penerbangan bersama (Jika) dalam dua tahap - pertama dengan sistem radiokomandnoy, maka dengan GOS. Dalam hal demikian, sebenarnya dimulai proses pembuangan dari penggunaan roket bimbingan dikombinasikan dengan sistem semi GSN telah dikuasai ke dalam MANPADS P-25, C-75 dan C-125 murni sistem radio. Namun, ujian 3M8 roket masih akan sangat sulit. Sebelum memulai kerjasama produksi selama tes tes dilakukan pada bulan April 1963 akan meluncurkan 26. Kebanyakan dari mereka telah dijalankan oleh yang disebut elektronik target, dua - pada empat sasaran parashyutnym - kembali pada IL-28. Dalam proses tes bersama dari Januari sampai Mei 1963 telah dilakukan delapan dimulai, tiga di antaranya berakhir pada kegagalan. Tidak ada sukses peluncuran rockets di sebuah sudut dari ketinggian yang mengirimkan lebih dari 46 °, sementara yang diperlukan untuk memastikan kemungkinan mulai di sudut dan 60 °. Dari 25 peluncuran dilakukan dari Februari hingga Agustus 1963, hanya tujuh yang berhasil - mampu menembak mati target - pada Il-28. Awal tahun depan, menghabiskan dua lagi start up, baik berhasil. Namun, tidak ada api tidak dibuat berdasarkan relatif kecil jenis tujuan MiG-17 dan pada sasaran berada di altitudes kurang dari 3.000 meter diberikan tidak stabil bekerja di altitudes rendah. Di sirkuit terdapat pemerintahan sendiri, yang tidak dapat diterima ke promaham ketika terbang dari akhir. Tidak ada perwakilan data pada fungsi militer dan radiovzryvatelya bagian nyata tujuan.

Salah satu yang paling sulit untuk mengembangkan membuktikan untuk memasukkan unsur-unsur kerucut PVRD rockets dan pompa bahan bakar dengan mulut. Cukuplah untuk mengatakan bahwa ia telah "otzhech" sekitar sepuluh ribu nozzles sebelum ditemukan bentuk yang terbaik. Dan itu - hanya untuk jenis mesin, tetapi jika terjadi perubahan dalam dimensi geometris, semua akan mengulangi lagi. Ini adalah salah satu alasan mengapa tidak menemukan PVRD menggunakan lebar sekarang - yang unik dalam kinerja spesifik. Setiap langkah dalam pengujian diberikan untuk bekerja dan berurusan dengan hampir nol. Sejak awal dikontrol penerbangan mulai berjuang pembasahan onboard sinyal radio terdakwa dalam obor yang menguras mesin. Itu ternyata yang biasa dari produk-produk dari pembakaran minyak tanah - yang sangat bagus layar antena terdakwa. Kami harus bertanding di konsol ekor. Secara umum, ujian bersama pada Februari 1963 hingga Juni 1964, sebuah start up ZUR 41, termasuk 24 missiles dalam peralatan militer. Empat kasus kibaran sayap menuntut berlakunya protivoflatternyh balance beam, tiga "miskin" mengganggu proses pembakaran - Revisi bahan bakar, enam ledakan izopropilnitrata - untuk memperbaiki sistem bahan bakar, dua menolak radiovzryvatelya - perbaikan skema. Namun, pada tahap akhir dari pengujian berlangsung di sebagian besar sukses dan Komisi Negara di bawah kedudukan ketua dari AG Burykina direkomendasikan untuk berbagai adopsi.

Resolusi Central Committee of the CPSU dan USSR, diadopsi pada tanggal 26 Oktober 1964 - "Pada adopsi dari ponsel anti pesawat jet dikontrol set" Circle "dengan ZUR 3M8" mengidentifikasi karakteristik kunci yang kompleks. Kebanyakan dari persyaratan dasar untuk performa, diberi keputusan pada tahun 1958, telah dilakukan. Kecuali adalah ketinggian berbagai tujuan yang bertarget - 3000-23500 m - 1500 m tidak dobiralos yang diperlukan untuk mencapai ketinggian maksimum. Urutan 26 Oktober 1964 telah ditentukan dan kerjasama dari perusahaan-perusahaan besar - produsen komponen. Serial produksi tanaman ditemukan di 1S12 telah Lianozovskom Elektromekanik Tanaman MRP, roket panduan stasiun 1S32 - Mari pada mesin pabrik-gedung MRP. 2P24 launchers dan missiles yang diproduksi di pabrik mesin Sverdlovsk mereka. MI Kalinina EI. Terdekat, di Sverdlovsk tanaman logika pergi serial produksi kompleks administrasi K-1 "Crab".

Seiring dengan adopsi yang ditetapkan oleh industri ditanya untuk perbaikan lebih lanjut, yang dilakukan dalam beberapa tahap. Pertama, dengan mempertimbangkan pengalaman Perang Vietnam telah selesai untuk mengurangi "zona mati". Pada 1967 dia diadopsi oleh MANPADS Circle-A, dimana batas bawah dari zona luka dikurangi 3000-250 m, dekat perbatasan dekat dengan 11-9 km. Berikut missiles revisi pada tahun 1971 diadopsi oleh MANPADS Circle-M. Jauh dari perbatasan zona kerusakan kompleks telah dihapus dari 45 hingga 50 km, di atas - 23 dari 500 sampai 24 500 m. Pada tahun 1974, telah disahkan oleh Circle-M1, yang dikurangi menjadi semakin rendah batas 250-150 meter, Tengah border berkurang dari 11 sampai 6-7 km. Menjadi mungkin untuk tujuan untuk mengalahkan dogonnyh kursus pada jarak hingga 20 km.

Kompleks memiliki efisiensi tinggi dalam berurusan dengan gerakan pesawat terbang dan kondisi peperangan. MANPADS "Circle" dalam berbagai versi yang diekspor ke negara di mantan Warsaw Pact. Di Rusia, berangkat senjata, ia digantikan universal misil anti-pesawat terbang kompleks P-300V

Di sebelah barat kompleks telah ditunjuk SA-4 "GANEF".

Kompleks "Circle" ini terdiri dari:

Memulai 3M8

Cukup peluncur 2P24

Stasiun roket panduan 1C32

Stasiun deteksi 1S12

Freight zaryazhayuschaya mesin 2T6

Dengan struktur organisasi militer dan bekerja

Utama unit "Circle" adalah anti-pesawat terbang roket divisi, yang menyertakan peloton pemerintahan, tiga anti peluru baterai pesawat terbang, masing-masing termasuk satu roket setiap 1S32 bimbingan dan launchers tiga 2P24 digabungkan dengan panduan, serta teknis baterai. Peloton kontrol di stasiun deteksi 1S12, dan kabin menerima menetapkan target militer administrasi "Crab" (C-1). Dalam teknis termasuk baterai mobil stasiun untuk inspeksi, pemeliharaan dan perbaikan senjata kompleks, transportasi dan pengiriman zaryazhayuschie komputer, mesin tanker, serta peralatan untuk assembling dan fueling roket bahan bakar.

Bahkan, anti-pesawat terbang dan membentuk batalyon roket anti-pesawat terbang roket sistem minimum ditetapkan sebagai kekuasaan dan kemampuan untuk mendeteksi dan mengalahkan udara tujuan. Walaupun kemungkinan untuk memerangi diri sendiri, mereka memiliki alat pertahanan udara batalyon tidak memberikan yang paling efisien penggunaan nya memerangi kapasitas. Ia ditentukan, pertama-tama, keterbatasan kemampuan pencarian stasiun 1S12 dalam terang yang sebenarnya penempatan di suatu daerah dengan daerah bayangan, dan sangat kecil podletnogo saat musuh aktivitas di altitudes sangat rendah. Untuk memastikan lebih efektif penegakan anti peluru divisi pesawat terbang yang termasuk dalam pesawat terbang anti peluru brigades dengan unified sistem manajemen. Tim, yang dirancang untuk memenuhi tantangan dari Udara Pertahanan Muka (tentara), bersama dengan tiga orang-pertahanan udara portabel divizionami termasuk manajemen baterai. Baterai dalam pengelolaan awak kabin telah berjuang pengelolaan "Crab", serta cara untuk mendeteksi sasaran udara - Radar deteksi dari P-40D, P-18, P-19 radar alat pengukur tinggi PRV-9A (atau PRV-11).
[Smotrtet sebagai slide]
Зенитно-ракетный комплекс 2К11 Круг - фото сайта http://www.new-factoria.ru
Зенитно-ракетный комплекс 2К11 Круг - фото сайта http://www.new-factoria.ru
Зенитно-ракетный комплекс 2К11 Круг - фото сайта http://www.new-factoria.ru


Sumber informasi:

http://www.new-factoria.ru/missile/wobb/krug/krug.shtml

Tidak ada komentar: