Rabu, 10 Maret 2010

Urutan waktu Perang Dunia II (1939)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Berikut merupakan urutan waktu peristiwa yang terjadi selama Perang Dunia II. Untuk peristiwa sebelum 1 September 1939, lihat urutan waktu peristiwa sebelum Perang Dunia II.
September 1939

Petinggi Jerman dan Soviet bertemu di Polandia tengah

1: Penyerangan Polandia dimulai pukul 4:40 pagi dengan Luftwaffe Jerman menyerang sejumlah target di Polandia dengan nama Blitzkrieg atau Perang Kilat. Luftwaffe melancarkan serangan udara di Krakow, Lodz, dan Warsawa.

1: Norwegia, Swiss dan Finlandia mengumumkan kenetralannya.

1: Britania Raya dan Perancis mengumumkan ultimatum terhadap Jerman, memaksa tentara Jerman keluar dari teritori Polandia; Mussolini mengumumkan kenetralan Italia; juga Irlandia; pemerintah Swiss memerintahkan mobilisasi terhadap pasukannya.

2: Peraturan Angkatan Nasional (Angkatan Bersenjata) (1939), dinyatakan semua lelaki antara 18 dan 41 tahun tidak bertanggung jawab atas wajib militer yang diumumkan melalui Parlemen Britania.

2: Kota Bebas Danzig dianeksasi oleh Jerman.

3: Pukul 11:15 pagi Waktu Musim Panas Britania (BST), Perdana Menteri Britania, Neville Chamberlain, mengumumkan melalui BBC Radio bahwa ultimatum terakhir Britania untuk penarikan tentara Jerman dari Polandia berakhir pada 11:00 pagi dan “bangsa tersebut sedang berperang dengan Jerman”. Pukul 12:30 BST, Pemerintah Perancis mengirim ultimatum akhir juga; yang berakhir pada 3:00 sore BST. Australia, India, dan Selandia Baru juga mengumumkan perang terhadap Jerman.

3: Beberapa jam setelah pengumuman perang Britania, SS Athenia, sebuah kapal pesiar Britania dari Glasgow menuju Montreal ditenggelamkan oleh U-30 250 mil baratlaut Irlandia. 112 penumpang dan kru tewas.

4: Pada serangan pertama Britania, Angkatan Udara Kerajaan melancarkan serangan terhadap armada Jerman di Teluk Heligoland. Mereka menargetkan Admiral Scheer yang berada di lepas pantai Wilhelmshaven di ujung barat Kanal Kiel. Beberapa pesawat hilang dalam serangan itu dan meskipun kapal Jerman terkena serangan tiga kali, semua bom gagal meledak.

4: Jepang mengumumkan kenetralan terhadap situasi di Eropa. Amerika Serikat juga mengumumkan hal yang sama keesokan harinya.

5: Perdana Menteri Afrika Selatan Barry Herzog tidak berhasil mengumpulkan dukungan untuk kenetralan Afrika Selatan dan digantikan oleh Jan Smuts.

6: Afrika Selatan mengumumkan perang terhadap Jerman.

6: Pertempuran Sungai Barking (sebuah insiden penembakan sekutu menyebabkan peristiwa pilot pesawat tempur RAF pertama pada perang itu).

6: Satu elemen pasukan Jerman menduduki Krakow di selatan Polandia; pasukan Polandia mundur.

7: Perancis mulai menyerang, maju hingga teritori Jerman dekat Saarbrücken.

7: Peraturan Registrasi Negara (1939) disahkan di Britania, memperkenalkan kartu identitas dan membolehkan pemerintah mengatur buruh.

8: Pemerintah Britania mengumumkan perkenalan ulang sistem konvoi untuk kapal dan blokade berskala besar pada perkapalan Jerman.

9: Serangan Saar Perancis terhambat di Hutan Warndt yang memiliki banyak ranjau dan jaraknya sekitar 8 mil dari teritori Jerman berpengawasan ringan.

10: Kanada mengumumkan perang terhadap Jerman,

11: Raja Muda India Lord Linlithgow mengumumkan kepada dua Badan Perancang UU India (Dewan Negara dan Majelis Legislatif) bahwa selama partisipasi India pada perang itu, rencana untuk Federasi India dibawah Peraturan Pemerintah India 1935 akan ditunda tak terbatas.

12: Jenderal Gamelin memerintahkan penghalangan terhadap penyerangan Perancis ke Jerman.

16: Pasukan Jerman menyelesaikan pengepungan Warsawa.

17: Uni Soviet menyerang Polandia dari timur, menduduki teritori di timur jalur Curzon juga Białystok dan Galicia Timur.

18: Presiden Polandia Ignacy Moscicki dan Komandan Pimpinan Edward Rydz-Smigly meninggalkan Polandia ke Rumania, dimana mereka diasingkan; tentara Rusia mencapai Vilna dan Brest-Litovsk. Kapal selam Polandia keluar dari Tallinn – kenetralan Estonia dipertanyakan oleh Uni Soviet dan Jerman.

19: Pasukan Jerman dan Soviet terhubung dekat Brest Litovsk.

20: U-27 ditenggelamkan oleh kapal perusak Britania HMS Fortune dan HMS Forester.

21: Perdana Menteri Rumania Armand Călinescu dibunuh oleh Pasukan Besi, sebuah grup fasis pro-Nazi.

25: Pengukuran front depan Jerman dimulai dengan menjatahkan makanan.

26: Setelah pengeboman artileri besar-besaran, Jerman melancarkan serangan infanteri besar di pusat Warsawa.

27: Pada operasi penyerangan pertama oleh Pasukan Jerman di Eropa Barat, senjata di Jalur Siegfried dibuka di desa-desa di belakang Jalur Maginot Perancis.

28: Traktat Perbatasan dan Persahabatan Jerman-Soviet ditandatangani oleh Molotov dan Ribbentrop. Protokol rahasia ini menjelaskan pembagian Polandia yang tercantum dalam Pakta Molotov-Ribbentrop (23 Agustus 1939) dan memasukkan Lithuania ke Uni Soviet.

28: Pasukan yang tersisa di pusat Warsawa menyerah kepada Jerman.

29: Estonia menandatangani sebuah Persetujuan Bantuan Balasan dengan uni Soviet, yang membolehkan tentara Soviet memasuki Estonia; Polandia dibagi antara Jerman dan Uni Soviet.

30: Kapal perang kecil Jerman Admiral Graf Spee menenggelamkan kapal pertamanya, kapal kargo Clement milik Britania ketika berada di lepas pantai Pernambuco, Brazil.
Oktober 1939

1: Pemecah kode Polandia membawa mesin Enigma pertama ke Paris.

2: RAF menyebarkan selebaran propaganda di Berlin.

3: Pasukan Britania bergerak ke perbatasan Belgia, mencegah invasi Jerman ke Barat.

5: Sebuah perjanjian juga ditandatangani dengan Latvia dan memberikan Rusia akses ke pangkalan udara.

6: Pasukan Cina mengalahkan Jepang pada pertempuran Changsha.

6: Pemberontak Polandia di Kampanye September Polandia berakhir. Hitler berbicara sebelum Reichstag, mengumumkan keinginan untuk berkonferensi dengan Britania dan Perancis untuk berdamai.

9: Hitler membuat perintah (Rencana Kuning) untuk persiapan penyerangan ke Belgia, Perancis, Luksemburg, dan Belanda.

10: Militer Polandia terakhir menyerah kepada Jerman.

10: Pemimpin angkatan laut Jerman menyarankan Hitler menduduki Norwegia.

10: Perdana Menteri Britania Chamberlain menolak Hitler berdamai.

11: Diperkirakan 158.000 tentara Britania berada di Perancis pada waktu itu.

12: Adolf Eichmann mulai mendeportasikan kaum Yahudi dari Austria dan Cekoslovakia ke Polandia.

12: Petinggi Perancis Daladier menolak Hitler berdamai.

12: Dewan Finlandia bertemu Stalin dan Molotov di Moskow. Uni Soviet meminta Finlandia menyerahkan basis militer dekat Helsinki dan bertukar sejumlah teritori Soviet dan Finlandia untuk menjaga Leningrad dari Britania Raya atau ancaman masa depan Jerman.

14: Kapal perang Britania HMS Royal Oak tenggelam di pelabuhan Scapa Flow oleh U-47, dibawah pimpinan Gunther Prien.

14: Finlandia bertemu Staslin. Staslin mengatakan bahwa “sebuah kecelakaan” dapat terjadi antara tentara Finlandia dan Soviet, bila negosiasi terlalu lama.

16: Serangan udara pertama di Britania Raya, ditujukan kepada kapal-kapal di Firth of Forth, Skotlandia.

19: Sebagian Polandia diserahkan kepada Jerman; perkampungan Yahudi pertama didirikan di Lublin.

20: “Perang Palsu”: Tentara Perancis menetap di asrama dan terowongan jalur Maginot; Britania membangun pertahanan baru di sepanjang “celah” antara jalur Maginot dan Channel.

27: Paus Pius XII membuat surat berisi kutukan terhadap rasisme dan kediktatoran.

27: Belgia mengumumkan bahwa mereka netral pada konflik tersebut.

30: Pemerintah Britania menyelesaikan laporan kamp konsentrasi yang dibangun di Eropa untuk kaum Yahudi dan anti-Nazi.
November 1939

1: Sebagian Polandia, termasuk Koridor Danzig, dianeksasi oleh Jerman. Uni Soviet menganeksasi wilayah timur yang diduduki Polandia hingga Ukraina dan Belarusia.

3: Finlandia dan Uni Soviet bernegosiasi mengenai perbatasan baru. Finlandia tidak mempercayai tujuan Stalin dan menolak memberi teritori yang melewati garis pertahanan mereka.

4: Peraturan Kenetralan AS disahkan: Perancis dan Britania dapat membeli persenjataan, tetapi pada basis keuangan yang dibatasi. Pengisolasi Amerika menganggap peraturan itu “biadab.”

4: Kaum Yahudi Warsawa (sekitar 400.000 orang) dipindahkan ke perkampungan Yahudi.

8: Hitler lolos dari ledakan bom di beerhall Munich, ketika ia berpidato pada perayaan beerhall putsch tahun 1923. Pengebom Britania kebetulan sedang menyerang Munich.

13: Negosiasi antara Finlandia dan Uni Soviet berakhir. Finlandia mengetahui bahwa Jerman dan Rusia setuju memasukkan Finlandia ke dalam wilayah Soviet.

13: Bom pertama dijatuhkan di Britania – di Kepulauan Shetland – dengan sedikit kerusakan.

14: Pemerintah terusir Polandia pindah ke London.

17: IRA disalahkan atas bom yang diledakkan di London.

20: Luftwaffe dan U-Boat Jerman meranjau muara Thames.

23: Kaum Yahudi Polandia diperintahkan mengenakan penutup lengan Bintang Daud.

24: Jepang mengumumkan pendudukan Nanning di selatan Cina.

26: Soviet mengebom Mainila, pasukan Soviet mengebom sebuah lapangan dekat perbatasan Finlandia, menyebabkan tentara Finlandia menyerang tentara Soviet.

29: USSR memutuskan hubungan diplomatik dengan Finlandia.

30: Uni Soviet menginvasi Finlandia dan dikenal sebagai Perang Musim Dingin.
Desember 1939

1: Rusia melanjutkan perangnya melawan Finlandia, Helsinki dibom. Pada dua minggu pertama bulan itu, Finlandia mundur hingga jalur Mannerheim, sebuah jalur pertahanan kuno di dalam perbatasan selatan dengan Rusia.

2: Persyaratan Britania untuk tentara meningkat untuk laki-laki berusia 19 hingga 41 tahun.

5: Penyerang Rusia memulai serangan besar terhadap jalur Mannerheim.

7: Italia mengumumkan lagi kenetralannya. Norwegia, Swedia, dan Denmark juga mengumumkan kenetralannya pada pertempuran Rusia-Finlandia.

11: Rusia dikalahkan oleh beberapa taktik pengalahan oleh pasukan Finlanfia.

13: Pertempuran River Plate, lepas pantai Montevideo, Uruguay. Sebuah skuadron kapal Britania menyerang Admiral Graf Spee

14: Graf Spee mundur hingga pelabuhan Montevideo, rusak parah.

15: USSR dikeluarkan dari Liga Bangsa-Bangsa.

17: Admiral Graf Spee dipaka oleh Hukum Internasional meninggalkan pelabuhan Montevideo; ditenggelamkan di luar pelabuhan. Kapten Hans Langsdorff diasingkan tetapi pada usia 20 tahun bunuh diri.

18: Tentara kanada pertama tiba di Eropa.

27: Tentara India pertama tiba di Perancis.

28: Penjatahan daging dimulai di Britania.

29: Ketika tahun berakhir, Finlandia terus meraih sukses melawan penjajah, sambil menawan sejumlah orang dan kendaraan

Tidak ada komentar: